Timnas Austria (Foto: X/oefb1904)

Euro 2024: Bungkam Belanda, Austria Jadi Juara Grup D

Austria keluar sebagai juara grup D Euro 2024 usai mengalahkan Belanda dengan skor 3-2, Selasa (25/5) di Olympiastadion, Berlin.

Tim yang dilatih oleh Ralf Rangnick itu sudah membuka keunggulan pada menit keenam berkat gol bunuh diri Donyell Malen. Skor bertahan hingga babak pertama selesai.

Dua menit babak kedua berjalan, Cody Gakpo menyamakan kedudukan untuk Belanda. Namun, pada menit 59, Austria kembali memimpin lewat Romano Schmid.

Pada menit 75, Memphis Depay mencetak gol akrobatik yang membuat skor kembali kuat. Namun, Marcel Sabitzer akhirnya memastikan kemenangan Austria pada menit 80.

Baca juga:

Austria pun memimpin grup D dengan enam poin, unggul satu angka dari Prancis yang pada saat bersamaan hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Polandia.

Kylian Mbappe yang bermain menggunakan pelindung wajah akibat mengalami patah hidung mencetak gol penalti pada menit 56. Namun, Robert Lewandowski membalasnya pada menit 79, juga lewat titik putih.

Bagi Belanda, mereka memang tetap berhasil lolos ke babak 16 besar karena memiliki empat poin yang membuatnya menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. msportsĀ 

Sementara itu, Polandia yang sebelum pertandingan melawan Prancis sudah dipastikan gugur menjadi juru kunci grup D dengan satu poin saja.

Baca juga:

Selain dua pertandingan terakhir di grup D, semalam juga berlangsung dua partai pamungkas di grup C. Inggris berhadapan dengan Slovenia dan Denmark melawan Serbia. Hasilnya, kedua laga sama-sama berakhir imbang tanpa gol.

Di klasemen akhir, Inggris menjadi juara grup dengan lima poin. Sementara itu, Denmark merebut tempat kedua dengan tiga poin, unggul secara head-to-head pada fase kualifikasi dari Slovenia. Meski begitu, Slovenia pun masih berpeluang besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *