Marco Rossi (Foto: X/MLSZhivatalos)

Marco Rossi Kritik Wasit usai Hungaria Kalah dari Jerman

Marco Rossi, pelatih Hungaria, menyampaikan kritik pedas kepada wasit yang memimpin pertandingan antara timnya melawan Jerman (19/6), Danny Makkelie.

Menurut sosok asal Italia itu, wasit asal Belanda tersebut membuat sejumlah keputusan keliru yang merugikan timnya hingga akhirnya kalah dengan skor 0-2.

Salah satunya adalah ketika Makkelie menyatakan bahwa Ilkay Guendogan tidak melanggar Willi Orban yang berujung dengan gol pertama Jerman yang dicetak oleh Jamal Musiala pada menit 22.

Pada momen tersebut, Orban yang tengah mengejar bola kehilangan keseimbangan usai adanya sentuhan dari Gundogan.

Hasilnya, kapten Jerman itu sukses mencuri bola dan kemudian memberikannya kepada Musiala yang menuntaskan peluang dengan sempurna.

Baca juga:

Menurut Rossi, Makkelie menerapkan standar ganda. Ia menilai bahwa jika momen tersebut terjadi dalam pertandingan antara Jerman dengan tim yang memiliki level lebih tinggi dari Hungaria, Makellie mungkin akan membuat keputusan yang berbeda.

“Apa yang wasit lakukan pada malam ini adalah standar ganda. Dari sudut pandang saya, Jerman memang akan menang. Mereka lebih kuat dari kami. Namun, wasit begitu buruk,” ungkapnya.

“Jerman tidak membutuhkan bantuan dari wasit, terutama melawan tim seperti Hungaria. Ketika mereka bertanding melawan tim seperti Prancis, mari kita lihat apakah pelanggaran akan diberikan atau tidak,” tegasnya.

Namun, kritik pedas tersebut langsung dibalas sendiri oleh Gundogan. Baginya, momen duel dirinya dengan Orban jelas bukan sebuah pelanggaran.

Baca juga:

“Saya cukup terkejut tim Hungaria sangat marah dengan hal tersebut. Saya tidak tahu momen tersebut terlihat seperti apa di TV,” ujar Gundogan.

“Namun, saya bermain di Premier League selama tujuh tahun dan jika mereka memberikan pelanggaran seperti itu di Premier League, semua orang akan tertawa,” pungkas Gundogan.

Hasil ini memang semakin membenamkan Hungaria. Mereka masih tanpa poin usai dua pertandingan di Euro 2024. Sementara itu, kemenangan ini memastikan Jerman lolos ke babak 16 besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *