Foto: X/selecaoportugal

Respon Menyejukkan Roberto Martinez usai Cristiano Ronaldo Gagal Penalti

Cristiano Ronaldo menjadi sorotan dalam pertandingan antara Portugal melawan Slovenia pada babak 16 besar Euro 2024, Selasa (2/7) dini hari WIB.

Kapten tim tersebut gagal mengeksekusi hadiah penalti yang didapat timnya pada babak tambahan. Usai momen tersebut, Ronaldo terlihat menangis penuh kekecewaan.

Beruntung, Portugal tetap mampu lolos ke perempat final karena menang pada babak adu penalti. Ronaldo menebus kegagalannya tersebut dengan sukses mencetak gol sebagai penendang pertama mereka di babak tos-tosan.

Baca juga:

Usai pertandingan, pelatih Portugal, Roberto Martinez, memberikan motivasi yang luar biasa kepada bintangnya tersebut. Menurutnya, tangisan Ronaldo bukanlah sebuah bentuk kelemahan, melainkan bukti dari gairahnya yang luar biasa untuk menang.

“Pertama-tama dan yang paling utama, saya pikir dia adalah contoh yang nyata untuk kami. Ketika anda melihat seorang pemain, satu-satunya pemain yang bermain di enam kali Euro, tetapi dia memiliki tanggung jawab, gairah, kepercayaan layaknya pemain muda,” kata Martinez.

“Emosi-emosi tersebut begitu luar biasa untuk seseorang yang sudah memenangkan segalanya dan merasakan segalanya. (Padahal) Dia tidak perlu sepeduli itu,” tambah Martinez.

Oleh karenanya, bagi Martinez, Ronaldo dan sikapnya tersebut menjadi pelajaran, bukan hanya bagi timnya, tapi sepak bola Portugal secara keseluruhan.

Baca juga:

“Itu mengapa saya berterima kasih kepadanya karena sudah menjadi dirinya, karena peduli dengan tim ini, karena menjadi seseorang yang setelah gagal penalti–yang mana setiap penendang bisa gagal dan anda harus memuji kiper—dia menjadi penendang penalti pertama (di babak adu penalti).”

“Saya tahu, saya sangat yakin bahwa dia harus jadi penendang pertama dan menunjukkan kami jalan menunju kemenangan. Saya pikir, kami semua bangga dengan kapten kami. Ruang ganti sangat senang dengan apa yang sudah dia lakukan,” tegas Martinez.

“Dan saya pikir dia memberi kami pelajaran bahwa anda harus menjalani setiap harinya layaknya hari terakhir, anda harus memiliki standar yang tinggi, dan tidak pernah menyerah. Kehidupan dan sepak bola memberikan anda momen-momen sulit dan caranya bersikap adalah contoh yang nyata dan itu mengapa sepak bola Portugal sangat bangga,” pungkas Roberto Martinez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *