Timnas Portugal (Foto: Twitter/selecaoportugal)

Menang Comeback, Roberto Martinez Puji Kedisiplinan Pemain Portugal

Portugal sukses mengawali Euro 2024 dengan kemenangan atas Republik Ceko pada Rabu (19/6) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo dan kolega menang dengan skor 2-1.

Namun, hasil positif ini diraih oleh Selecao das Quinas dengan susah payah. Pasalnya, mereka sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol spektakuler Lukas Provod pada menit 62.

Beruntung, tujuh menit berselang, tim asuhan Roberto Martinez mampu menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Robin Hranac.

Puncak keberuntungan juara Piala Eropa 2016 ini akhirnya terjadi jelang laga usai, tepatnya pada menit 90+2. Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan dengan menuntaskan sebuah bola liar di depan gawang.

Baca juga: 

Hasil ini pun membuat Portugal menempati peringkat kedua di grup F, hanya kalah secara selisih gol saja dari Turki yag menang dengan Georgia dengan skor 3-1 beberapa jam sebelumnya.

Martinez yang sebelumnya melatih tim nasional Belgia mengaku begitu bangga dengan penampilan para pemainnya, terutama dalam hal kedisiplinan.

Pasalnya, dalam dua dari empat laga sebelum pertandingan ini, mereka selalu menelan kekalahan saat tertinggal terlebih dahulu.

Baca juga:

“Hari ini, kami menunjukkan hati dan juga kedisiplinan. Kami bermain dan mengontrol pertandingan. Kami tidak membiarkan Ceko memanfaatkan gol yang mereka cetak. Ini adalah hal terpenting,” kata Martinez dikutip Reuters.

“Pada hari ini, kami menunjukkan nilai yang sangat berharga dan kami menunjukkan kekuatan dari 23 pemain serta kiper yang ada di sini,” tambahnya.

“Kami kebobolan, tertinggal satu gol, tetapi tetap mampu memenangkan pertandingan. Kami kalah dari Slovenia setelah kebobolan gol pertama (0-2), begitu pun saat melawan Kroasia (1-2). Namun, pada hari ini, kami menang,” tegas Martinez.

“Situasi memang berat bagi kami pada hari ini. Namun, kami layak untuk menang. Bagi seorang pelatih tim nasional, begitu luar biasa memiliki sekelompok pemain yang gigih dan peduli seperti mereka,” pungkas Roberto Martinez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *