Lionel Messi (Foto: Twitter/Argentina)

Lionel Messi Pastikan Absen di Olimpiade 2024

Lionel Messi memastikan bahwa dirinya tidak akan membela tim nasional Argentina di Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada Juli hingga Agustus mendatang.

La Pulga mengambil keputusan berat tersebut karena mengaku kondisi fisik yang tidak akan mendukungnya. Pasalnya, pada Juni ini, Messi juga akan memimpin Argentina di Copa America.

Selain itu, jika memang memilih untuk bermain di Olimpiade, maka Messi akan melewatkan banyak pertandingan bersama klubnya, Inter Miami.

Sebelumnya, pelatih timnas Argentina untuk Olimpiade, Javier Mascherano, memang sempat meminta Messi untuk bergabung dengan skuadnya demi bisa meraih medali emas.

“Saya berbicara dengan Mascherano dan kenyataannya kami saling memahami situasinya. Ini sulit karena kami juga ada di Copa America,” kata Messi.

“Jika terjadi (bermain di Olimpiade), maka saya akan absen bersama klub selama dua hingga tiga bulan. Lebih dari itu, saya juga tidak berada di usia untuk mengikuti semua turnamen,” tegasnya.

Baca juga:

Seperti diketahui, Messi saat ini memang sudah berusia cukup uzur, 36 tahun. Dengan begitu, kondisi fisiknya pun tidak prima seperti dulu.

Sebagai catatan, Messi sudah pernah memberikan medali emas untuk Argentina di Olimpiade. Itu terjadi pada 2008. Saat itu, Messi bahkan bermain bersama Mascherano.

Di Olimpiade sendiri, setiap tim memang diatur untuk mengirim para pemain usia 23 tahun. Namun, mereka diperbolehkan untuk membawa tiga pemain senior.

Messi menyatakan bahwa dengan talenta yang dimiliki negaranya, ia yakin mereka akan bisa bersaing di ajang nanti meski tanpa dirinya.

Selain itu, dengan pengalaman pada 2008, ia juga sudah merasa cukup untuk bermain di Olimpiade. Oleh karenanya, ia pun memberikan kesempatan kepada para pemain lain.

Baca juga:

“Saya harus memilih dengan hati-hati. Akan terlalu berat untuk bermain dua turnamen beruntun (Copa America dan Olimpiade 2024),” ucapnya.

“Saya cukup beruntung pernah bermain di Olimpiade, memenangkannya bersama Masche (Mascherano). Itu adalah pengalaman yang indah di level sepak bola. Olimpiade, U20, itu pengalam yang tidak akan saya lupakan,” lanjutnya.

“Sebuah hal yang spektakuler dan cukup beruntung untuk bisa mengalami semuanya. Saya harap, para pemain yang terpilih bisa menikmatinya seperti yang saya rasakan karena rasanya memang spesial. Olimpiade itu spesial, berbeda dengan yang lainnya,” pungkas Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *