Gareth Southgate (Foto: Twitter/England)

Gareth Southgate Siap Mundur Jika Gagal Bawa Inggris Jadi Juara Euro 2024

Gareth Southgate mennyampaikan sebuah pernyataan yang cukup berani terkait masa depannya bersama tim nasional Inggris.

Sosok berusia 53 tahun itu mengaku bahwa dirinya bisa saja mundur dari posisinya sebagai pelatih jika gagal membawa mereka menjadi juara Euro 2024.

Pelatih yang juga pernah menukangi Middlesbrough itu menyebut bahwa kegagalan yang berulang-ulang membuat kesempatan miliknya semakin menipis.

Baca juga:

Seperti diketahui, Southgate mulai melatih Inggris pada 2016. Hingga kini, ia telah memimpin mereka dalam tiga turnamen besar.

Di Piala Dunia 2018, Inggris berakhir di posisi ketiga. Kemudian, di Piala Eropa 2020, mereka kalah di final oleh Italia. Terakhir, di Piala Dunia 2022, tim Tiga Singa terhenti di babak perempat final.

“Jika kami tidak menjadi juara (di Euro 2024), saya mungkin tidak akan berada di sini lagi. Ini mungkin jadi kesempatan terakhir,” ungkap Southgate kepada Bild.

“Saya memikirkan separuh pelatih tim nasional yang hengkang usai sebuah turnamen. Begitulah kondisi sepak bola internasional,” sambungnya.

Baca juga:

“Saya sudah berada di sini hampir delapan tahun dan kami sangat dekat (menjadi juara). Jadi, saya tahu, anda tidak bisa terus berdiri di depan orang-orang dan mengatakan, ‘Mohon, berusaha sedikit lagi’, karena di titik tertentu, orang-orang akan kehilangan kepercayaan terhadap pesan anda,” tegasnya.

“Jik kami ingin menjadi tim yang besar dan saya ingin menjadi pelatih top, maka anda harus mempersembahkannya dalam momen yang besar,” pungkas Southgate.

Belakangan ini, teka-teki terkait masa depan Southgate memang sering diperbicangkan bertepatan dengan kontraknya sebagai pelatih timnas Inggris yang akan berakhir pada penghujung 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *