Timnas Italia (Foto: Twitter/Azzurri_EN)

Evaluasi Luciano Spalletti usai Italia Bekuk Bosnia

Italia berhasil mengalahkan Bosnia dan Herzegovina dengan skor 1-0 dalam pertandingan terakhir mereka sebelum bertarung di Piala Eropa 2024, Senin (10/6) dini hari WIB.

Gol tunggal Azzurri yang bertindak sebagai tuan rumah di Stadio Carlo Castellani, Empoli, dicetak oleh Davide Frattesi pada menit 38.

Usai laga ini, tim asuhan Luciano Spalletti tersebut pun akan langsung terbang ke Jerman. Mereka akan menghadapi Albania di pertandingan pertama babak grup, Minggu (16/6) dini hari WIB.

Sebelum melawan Bosnia, Italia juga sebetulnya sempat menggelar laga uji coba melawan Turki. Saat itu, pertandingan berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Baca juga: 

Akibat hasil yang cukup mengecewakan tersebut, Spalletti pun melakukan perubahan saat melawan Bosnia. Salah satunya adalah terkait formasi.

Pada laga melawan Turki, Spalletti menggunakan formasi 4-2-3-1. Kemudian, ketika menghadapi Bosnia, ia memilih untuk memakai skema 3-4-2-1.

Pelatih yang membawa Napoli menjadi juara Serie A 2022/2023 tersebut menyatakan bahwa kondisi timnya saat ini berada di angka 70 hingga 80 persen menjelang Piala Eropa 2024.

Meski begitu, Spalletti menegaskan bahwa dirinya percaya diri bahwa mereka memiliki skuad yang cukup bagus untuk mempertahankan gelar. Seperti diketahui, Italia memang merupakan juara Piala Eropa edisi sebelumnya.

Baca juga:

“Kami berada di level 70 hingga 80 persen, masih belum 100 persen. Kami masih punya waktu. Semua pemain sudah tampil (di laga uji coba). Kami memberi semua pemain kesempatan untuk mengenakan baju ini,” ungkap Spalletti.

“Kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami yakin kami memiliki skuad yang bagus. Kemudian, kami harus menyiapkan mentalitas turnamen,” sambungnya.

“Pada dua pertandingan persahabatan ini, kami memainkan dua tim dan dua pendekatan yang sepenuhnya berbeda, kami harus mengusahakan apa yang perlu diperbaiki,” pungkas Luciano Spalletti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *