Hansi Flick (Foto: Twitter/FCBarcelona)

Barcelona Umumkan Hansi Flick sebagai Pelatih Baru

Barcelona akhirnya mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah menunjuk Hansi Flick sebagai pelatih baru, menggantikan Xavi Hernandez.

Barcelona mengontrak sosok asal Jerman berusia 44 tahun itu selama dua tahun. Kesepakatan dilakukan pada Rabu (29/5).

“FC Barcelona dan Hansi Flick telah mencapai kesepakatan untuk pria asal Jerman menjadi pelatih tim sepak bola utama pria hingga 30 Juni 2026,” tulis Barca di situs resminya.

“Pelatih baru ini menandatangani kontrak di kantor klub ditemani oleh presiden Barcelona, Joan Laporta; wakil presiden utama yang bertanggung jawab untuk urusan olahraga, Rafa Yuste; dan direktur olahraga klub, Anderson Luis de Souza, Deco,” tambah Blaugrana.

Seperti diketahui, Barca memang mengalami turbulensi di posisi pelatih kepala dalam jangka waktu enam bulan terakhir.

Pada Januari, Xavi mengumumkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari posisi ini akibat merasa tidak dihargai atas kinerjanya.

Namun, pada April, manajemen Barca berhasil meyakinkan Xavi untuk tetap mengemban tanggung jawab tersebut hingga kontraknya usai pada 2025.

Secara mengejutkan, sebulan kemudian, Barca justru menyatakan bahwa Xavi akan berhenti sebagai pelatih mereka pada akhir musim 2023/2024.

Keputusan tersebut kabarnya disebabkan oleh komentar Xavi yang menyatakan bahwa klub tidak bisa bersaing akibat krisis finansial yang mereka hadapi. Pernyataan tersebut disebut membuat manajemen klub marah.

Baca juga:

Terlepas dari konflik tersebut, Barca kini telah menunjuk Flick sebagai nahkoda anyar untuk menuju kesukesan.

Menurut laporan, mantan pelatih tim nasional Jerman ini memang sudah menjadi incaran Barca sejak Xavi memutuskan mengundurkan diri pada Januari.

Kini, Flick sendiri menyatakan bahwa salah satu alasannya menerima tawaran ini adalah karena kesamaan visi dan gaya bermain.

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semuanya. Ini adalah sebuah kehormatan yang besar dan juga mimpi bagi saya untuk menandatangani kontrak di Barcelona, bekerja untuk klub ini, dan saya senang untuk mulai.”

“Klub ini luar biasa. Jam-jam yang baru saja saya lalui di Barcelona terasa luar biasa karena semua orang di sini mencintai klub dan mencoba untuk memberikan yang terbaik demi meraih kesukesan,” sambung Flick.

“Filosofi yang mereka miliki mirip dengan filosofi saya, penguasaan bola dan sepak bola yang sangat menyerang. Itu adalah hal yang saya sukai,” lanjutnya.

“Saya memenangkan banyak gelar dengan Bayern Munich dan rasa lapar saya sangat besar untuk gelar. Saya ingin berada di jalur ini bersama Barcelona dan saya pikir kitab isa meraihnya bersama,” pungkas Flick.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *